Selasa, 22 November 2011

Lomba Mendongeng dan Baca Puisi Se- Kabupaten Musi Banyuasin

SEKAYU, Buanasumsel.com – Guna menumbuh kembangkan kegemaran membaca melalui berbagai bacaan dan media untuk menanamkan cinta kebudayaan, cinta bangsa dan rasa persatuan dan kesatuan pada generasi muda, Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Kabupaten Musi Banyuasin mengadakan lomba mendongeng tingkat SD putra dan putri dan lomba baca puisi tingkat SLTP se- kabupaten Musi Banyuasin di wisma atlet Sekayu (31/5).

Berdasarkan laporan ketua pelaksana kegiatan, Dewi Kartika, SE, M.Si kegiatan ini selain merupakan agenda rutin Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Muba dalam menumbuh kembangkan minat baca anak-anak, juga untuk menarik minat baca anak-anak tentang buku-buku cerita budaya daerah, sejarah dan pahlawan, serta untuk menumbuhkan kecintaan akan budaya daerah dan nusantara.

Lomba ini diikuti utusan dari 11 kecamatan dalam kabupaten Musi Banyuasin, dimana tiap kecamatan mengirimkan 3 orang peserta yang telah lulus seleksi dan 1 orang pendamping. Para peserta lomba dituntut unjuk kebolehan dalam mendongeng tanpa teks dan baca puisi untuk memperebutkan predikat Juara I,II, II dan Harapan baik putra maupun putri, hadiah berupa tropi dan uang pembinaan. Dan bagi peserta yang belum beruntung akan diberikan hadiah hiburan berupa tas dan buku, juga diadakan pemberian penghargaan bagi pengunjung perpustakaan paling rajin dalam rentang waktu satu tahun terakhir.

Para peserta nantinya akan dinilai oleh 6 orang juri yang terdiri dari juri mendongeng 3 orang dan juri baca puisi 3 orang. Untuk materi lomba mendongeng tanpa teks ditentukan berdasarkan undian yang ditetapkan panitia, sementara lomba baca puisi judul puisi ditetapkan sendiri oleh peserta. Lomba dilaksanakan di Wisma Atlit Sekayu tanggal 31 Mei hingga 1 Juni 2011, jelas Dewi Kartika.

Kegiatan lomba ini mendapat dukungan penuh dan mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin. Hal tersebut disampaikan oleh asisten Bidang Pemerintahan, Protokol dan Kesra Setda Kab. Muba Drs. H. Sohan Majid mewakili Bupati Muba saat membuka acara lomba mendongeng dan baca puisi.

Beliau berharap agar kegiatan lomba-lomba seperti ini dapat terus ditingkatkan, bahkan bisa diadakan dilingkungan keluarga, sebab kita semua memiliki tanggung jawab dan kewajiban dalam mendidik dan mengarahakan anak-anak khususnya anak usia sekolah agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang negatif. Melalui kegiatan seperti ini juga dapat menumbuh kembangkan minat bangsa serta rasa cinta terhadap seni dan budaya sedari dini, ungkap Sohan Majid. (Humas Muba)

-
Sumber : http://buanasumsel.com/kembangkan-minat-baca-anak-melalui-lomba-puisi-dan-dongeng/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar